WELCOME TO MY BLOG PAGE
it's all about information of Samarinda Port in East Borneo...

Senin, 06 April 2009

TPK PALARAN

Untuk pengembangan Pelabuhan Samarinda saat ini dirasakan semakin mendesak, hal ini ditandai dengan terbatasnya fasilitas
pelabuhan yang tersedia dibandingkan dengan perkembangan traffik operasional pelabuhan, khususnya terhadap petikemas yang setiap tahun terjadi kenaikan yang cukup signifikan, selain itu cadangan untuk pengembangan CY tidak mencukupi terhadap perkembangan traffik petikemas, sehingga perlu dicarikan lokasi pengembangan baru yang cukup memadai.
Pembangunan Pelabuhan TPK Palaran merupakan kerjasama antara PT Pelabuhan Indonesia IV (Persero), Pemerintah Kota Samarinda, dan PT Samudera Indonesia Tbk selaku investor. Yang selanjutnya investor tersebut membuat Special Purpose Company (SPC) dengan nama PT Pelabuhan Samudera Palaran (PSP) yang akan melaksanakan pembangunan dan mengoperasikan Terminal Petikemas tersebut.
Pengoperasian terminal petikemas oleh PT Pelabuhan Samudera Palaran dengan dilengkapi peralatan-peralatan yang modern sehingga dapat melaksakan kegiatan lebih cepat, aman, dan juga produktifitas bongkar muat petikemas akan meningkat menjadi 22-25 box/geng/jam dibandingkan dengan penanganan bongkar muat petikemas di pelabuhan konvensional Samarinda yang hanya mampu 6 box/geng/jam.
Untuk tahap awal pembangunan terminal petikemas Palaran, dimulai tanggal 22 Januari 2008, meliputi :
o Pembangunan dermaga sepanjang 270 meter dengan lebar 21 meter
o Pembangunan trestle 2 unit sepanjang 77 meter dengan lebar 10 meter
o Pembangunan Lapangan Penumpukan (CY) seluas 1.000 m2
o Pembangunan Container Freight Station (CFS) seluas 1.000 m2
o Pengadaan alat bongkar muat petikemas modern, yaitu Container Crane (CC) 2 unit, Transtainer (TT) 4 unit, Head Truck (HT) 8 unit dan Chasis 12 unit serta sistem informasi.


Enter your email:

Powered by FeedBurner

Loading...

Labels

Blogumulus by Roy Tanck and Amanda Fazani
 

Copyright © 2009 by pelindo samarinda